Senin, 19 Desember 2016

Anak yang dekat dengan Ayah nya 💜

Originally created by @fufuelmart (http://instagram.com/fufuelmart)
.
"Dami, kenapa sih kalau Yabi ada di rumah anak-anak nempel mulu dari bangun tidur sampai mau tidur lagi."

Protes Ayabi suatu kali sama Bundami. Iya, kalau ayahnya anak-anak lagi rumah, pasti Bundami nggak laku. Mandi mau sama Yabi, makan mau sama Yabi, baca buku mau sama Yabi, Main-main sama Yabi, gelendotan hampir berjam-jam sama Yabi. Bundami seneng aja sih, bisa lebih santei mau Me-Time hahaha 🙈😂
.
"Mereka tuh kangen sama Yabi, karena jarang kan bisa punya waktu lama sama Yabi. Bundami tiap hari hampir 24 jam digelendotin mereka, dibuntutin mereka, mau mandi aja harus mohon-mohon, ke toilet ditungguin, mau masak disuruh bacain buku, mau nyetrika suruh nemenin main. Yabi nikmatin aja, permintaan mereka gak aneh-aneh kan, cuma mau deket sama Yabi-nya. It means, mereka sayang banget sama Yabi. Mereka rindu ayahnya."
.
Bundami pernah membaca sebuah buku yang membahas pentingnya kedekatan anak, bersama kedua orantuanya masing-masing secara personal. Dalam bahasan buku tersebut juga dianjurkan bahwa di 2 tahun pertama, anak perlu lebih dekat dengan ibu. Selain karena alasan kebutuhan ASI, juga kebutuhan bounding attachment anak di 2 tahun pertamanya, perlu lebih sering bersama ibu, tanpa mengenyampingkan kebutuhan mengenal ayah.
.
Setelah usia 2 tahun ke atas sampai baligh, mulai didekatkan dengan ayah dan perlu imbang dekat bersama kedua orangtua. Dari mulai usia baligh ke atas hingga menikah, seorang anak perlu lebih dekat dengan orangtua yang sama jenis kelamin dengannya. Anak lelaki dengan ayah. Anak perempuan dengan ibu.
.
Kami mencoba mengaplikasikan apa yang Al-Qur'an ajarkan mengenai peran ayah sebagai "pendidik". Sebagian besar ayat yang menjelaskan tentang pengasuhan / pendidikan anak di dalam Al-Qur'-an itu mengenai pengasuhan ayah. Tugas ayah bukan hanya mencari nafkah, namun juga turut membentuk karakter anak. Anak-anak yang sering "disentuh" oleh ayahnya, terbuka dengan ayahnya, begitu dekat dan memiliki ikatan luat dengan ayahnya, cenderung akan tumbuh menjadi sosok yang lebih "berkarakter kuat".
.
Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya akan fitrah setiap anak, yang membutuhkan sosok HERO dalam hidup ya. Hero alias pahlawan, yang menjadi sosok pelindung baginya, yang bisa ia banggakan, yang bisa ia andalkan, yang bisa ia teladani dan panuti. Dan ternyata "hero" yang diperlukan dan diharapkan setiap anak itu adalah AYAH-nya. Ayah merupakan sosok lelaki pertama yang dikenal anak sebagai seorang "pemimpin". Maka dari itu secara fitrahnya, anak akan meneladani ayahnya sebagai seorang yang "he / she want to be" di masa depannya.
.
Anak-anak yang dekat dengan ayahnya akan jauh lebih percaya diri, mandiri, logis dalam mengambil keputusan, tidak mudah galau, pandai bersosialisasi dengan baik; dan berbagai dampak positif lainnya. Sosok ayah sangat memegang peranan penting terhadap perkembangan emosi anak.
.
Oleh karenanya, bila fitrah memiliki "hero" itu tidak anak dapatkan dari ayahnya, maka secara bawah sadar, anak akan "mencari" sosok hero lain. Kalau masih kecil pelampiasannya bisa keranjingan tokoh-tokoh pahlawan super BERLEBIHAN, menjadikan artis-artis sebagai idola secara berlebihan, dan dampak paling ekstrim justru "tidak hormat" atau "tidak menghargai" ayahnya. Yang setelah dewasa, bisa berkelanjutan ke mencari pengakuan di lingkungannya, mencari kasih sayang dalam sosok "pacar" dan berbagai dampak buruk lainnya. 😊
.
Ajang membaca buku  bersama ayah salah satunya, selalu membuat Bundami sennah sekali melihatnya. Karena bisa  mendekatkan secara emosi dan fisik, ayah dengan anak. Boleh jadi para ayah, akan menemukan hal-hal yang belum ia ketahui dari anaknya, melalui agenda ngedate ini. Yuk agendakan anak kita membaca buku bersama ayah, minimal tiga puluh menit setiap harinya.
.
Dear para ayah...
karena membacakan buku juga bermain beraama anak tidak akan mengurangi waktu produktifmu;
melainkan memberimu energi luar biasa,
menambah peluang rezeki bagimu karena memuliakan mereka.
.
Dear para ayah....
karena dekat dengan anakmu tak menurunkan derajat dan harga dirimu;
melainkan membuatmu istimewa di hadapan mereka,
menjadikanmu sosok teladan yang baik yang bisa mereka kenang saat dewasa.
.
Bandung Desember 2016
dari seorang istri yang suka kalau suaminya lagi main atau bacain buku sama anak-anaknya, soalnya jadi punya waktu Me-Time 🙈😅🙏🏻 (Jadi kalau Bundami fast respond, itu tandanya kalau gak karena anak-anak udah tidur, atau ada Yabinya anak-anak 🙈😂)
.
#YukBacakanBuku #Delapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pulang

Masih dalam suasana lebaran dan liburan. Senang sekali rasanya bisa pulang dan main ke kota ini, biasanya cuma singgah sebentar, terus bera...